Theme Preview Rss

Oleh-oleh pulang dari Jawa

hai...hai...hai...
Dua minggu kemaren guw ambil cuti pulang ke jawa, seneng, excited banged. Banyak banged planning yg disiapin, banyak banged hal yg mo dilakuin, mulai dari pulang kampung ke rumah nenek, datang ke nikahan temen, kumpul-kumpul en jalan bareng sohib-sohib guw (ampun bahasa guw) sampe janjian ketemuan ma temen2 kenalan di internet. Huwaaaa banyak banged yang mau dilakuin, ampe rasanya 2 minggu di jawa gak cukup buat itu semua.

Kayaknya postingan kali ini guw blon bisa ngasih cerita tentang hal-hal yg guw lakuin selama di jawa, abisnya banged, bkalan lama n susah buat guw untuk inget2 semua itu. Abisnya pas pulang Jawa pake acara ga bawa modem sgala, jadinya kan ga bisa update langsung hal-hal yg guw lakuin di jawa :(
So, untuk postingan kali ini guw cuman ngasih cerita tentang makanan-makanan yg gak ada di Jayapura (jarang maksudnya) yang sempet guw makan tentunya.


Ouke kita mulai dari gambar kiri paling atas lanjut ke kanan, trus baris kedua mulai dari kiri lagi ya

*Srimping
Guw nyoba makanan ini di semarang, lupa nama tempat makannya apa, tapi kyae srimping mang banyak di Semarang. Pas pertama denger guw penasaran gimana penampakan seafood ini, makanya guw dipesenin, biar gak penasaran. Ternyata dia jeni kerang yg bentuknya tipis gitu, dimasaknya sederhana, cuman digoreng dengan bumbu utama irisan bawang putih. Rasanya kyak kerang pada umumnya gitu sih, cuman teksturnya lebih lembut.

*Mie Aceh
Simpel banged sih, cuman di jayapura gak ada yg jual Mie Aceh :( jadinya kangen banget ma Mie ini. Guw belinya pas pulang ke Bojonegoro, tempat nenek guw.

*Lontong Tahu
Itu gambar ibu-ibu yg jual loh ya, bukan lontong tahunya! klo lontong tahunya yg gambar baris 2 paling kiri. Jualannya di pertigaan Ketapang Cepu, Jawa Tengah. Rumah nenek guw deket ma perbatasan Jatim n Jateng, malahan lebih deket ke Cepu dari pada ke Kota Bojonegoro. Menu jualannya lontong tahu, tapi bisa juga pesen capur tempe ato tempe doang, klo mau lontongnya diganti nasi juga bisa. Penjual lontong tahu gini banyak umum dijumpai berjualan di daerah Bojonegoro n sekitarnya pada malam hari. Seporsi lontong tahu harganya berkisar Rp 2.500 - 10.000.

*Lontong Pecel
Biasanya pecel biasa dijual buat menu sarapan ato makan malam, tapi nenek yg satu ini jualannya pas sore hari. Kalo di tempat guw waktu makan diantara sarapan n makan siang atau antara makan siang n makan malan disebut saat makan "mindho" kalo diartiin mungkin makan yg kedua. Selain lontong pecel, nenek ini juga menjual gorengan keliling kampung. Kebetulan sore itu lontongnya udah abis, jadi guw pesen pecel tempe, tempe goreng dan weci (bakwan) dipotong-potong trus dikasih kulupan (sayur rebus) dan disiram sampel pecel. Harga seporsi cukup dengan Rp 1.500 saja.


*Baby Octopus
Guw lupa apa nama masakan ini, yg pasti guw pesen makanan ini di Rock, Galaxy Mall Surabaya. uhm...rasanya sih ga bekesan, malah temen guw mo muntah pas mo nyoba, amis bgt katanya, tapi guw gak ngerasa sih.

*Lamb Sechuan
Lupa juga nama pastinya, pokoknya daging domba di masak saos sechuan. Ini salah satu menu di Cafe house of Sampoerna di Surabaya. Makanannya lumayan murah dengan suasana cafe yg seru dengan tema tempo dulu. tapi guw gak suka menu ini, asin, guw lwbih prefer sop buntutnya.

*Gado-gado
Ini juga menu di Cafe House of Sampoerna, isinya lengkap n banyak! kenyang banged klo dimakan sendirian, makanya guw pesen 1 buat bertiga :) , menu tambahan sebenernya, hasilnya kenyang banget. harganya cuman Rp 16.000 untuk porsi sebanyak itu!

*Mie ala Vietnam (sumpah lupa sama sekali namanya)
Guw makan di Loving Hut Plasa Semanggi, restoran yg nyajiin menu vegetarian. Enak, suka-suka-suka, pas ngliat menu rada-rada bingung, katanya restoran vegetarian tp koq msh ada menu yg pake daging. Eh ternyata pas pesenannya datang dagingnya diganti ma semacam jamur, tapi rasanya mirip daging, gurih-gurih gitu. Kalo kata temen guw pepes di loving Hut juga enak.

*Princess Roll
Seumur-umur blon penah makan sushi, ga kepikiran juga buat nyoba, tapi setelah baca postingan Vio tentang sushi koq jadi pengen. Jadinya pas di Jakarta nyoba makan di Sushi Groove bareng temen. Menu pertama yg kita pesen Salmon apa gitu, lupa (itu yg fotonya nyempil), sushi fusion pake daging salmon yg dibakar setengah mateng. Uhm lumayan doyan si, rasanya kayak lemper pake isi ikan, rasanya asin tawar2 gurih. Nah pesenan yg kedua Pincess Roll, kita sengaja pesen dari daftar menu favorit di Sushi Groove. Princess Roll masih fushion juga, cuman dagingnya tuna, digoreng klo gak salah, trus ada telur ikan di atasnya. Ternyata guw lebih suka salmon yg setengah mateng dari pada princess Roll, Norinya bikin eneg. Temen guw curang, dia cuman makan satu slice n nyomotin telur ikannya, enak sih rasanya asin2 renyah.

*Dragon Fussion
Gak tau napa kita pesen lagi, karena penasaran aja kali ya...padahal udah mulai enek, niatnya mo nyari sushi yg rasanya gak terlalu eneg, makanya milih dragon fussion. Isinya udang tempura, pake daging sapi stengah mateng, irisan mangga, mayones n telur ikan. Ternyata rasanya juga gak sreg, ato mungkin karena udah kekenyangan dan eneg kali ya, gtaw deh gak suka aja ma rasanya.

ouke itulah mkanan-mkanan yg sempet guw coba selama di Jawa, masih nyesel karena ada beberapa mkanan yg blon sempet dicoba :( , padahal guw pengen cwi mie, rawon nguling, steak lidah toko Oen, Nasi bebek di Surabaya, Bebek Slamet, Bebek Ginyo, dan Bebek Kaleyo. Kebanyakan acara si, jadinya malah gak sempet nyobain makanan itu smua. Tapi lumayanlah ya...udah capek muter2 jalannya. :D


7 comments:

Okit Jr said...

otoooonggg...
gimana gw bisa komentar kalo baca postingannya aja gw gak bisaaa...
--gepuk sutil...

gerandis said...

@okit jr: ha? ha? ha? maksudnya? kenapa gak bisa? lha ini bisa nulis! mosok gak bisa baca bisa nulis! bohong kamu! sana berdiri salto di pojokan!

renotxa said...

G-string......

gerandis said...

@renotxa: buk maaf ga bisa ketemuan blas! *sigh, padahal deket ya rumahmu, kmaren aq juga sempet ke rumah pandanwangi lho, tp koq ya pas kamu di luar kota! G-stingmu tak titipin inul, sapa tau kamu ada ksempatan maen jakarta! maaf ya buk!

BaS said...

Pengen pecelnya!!!
Loving hut? That's one of my fave.....nasi padang, nasi timbel versi veggienya oke punya.
Fyi, rawon nguling buat gw ga begitu enak. Rasa kluweknya kurang, kaldunya kurang berasa, bumbu kurang meresap di dagingnya ......pokoknya kalah banget sama rawon2 yang dijual ala warteg........
Aku malah kangen masakan sagu yang pake sayur ikan kuah kuning ala papua......apa namanya? Papeda ya? Kangen!!!

Sena said...

g-stringku manaaaaaaa???

vio said...

KOK KOK ga bisa kebaca siihhh?? yg muncul tulisan tulisan aneh gitu... :((

Post a Comment