Theme Preview Rss

Kemangi

Tanaman yang biasa digunakan sebagai lalapan ini lumayan gampang loh buat ditanam. Penanamannya bisa dengan cara stek batang atau penyemaian biji. Untuk stek batang gunakan batang kemangi yang sudah keras dan berkayu, potong batang, buang semua daunnya -termasuk ujung daun yang paling muda, tancapkan di media tanam yang diletakkan di tempat teduh. Sedangkan untuk menyemai biji kemangi cukup dengan menebarkan biji kemangi yang sudah tua (berwarna hitam) di media semaian yang cukup lembab dan gembur, sekitar 5 hari berikutnya semaian biji akan mulai tumbuh.


Tanaman kemangi pertamaku aku semai dengan stek batang, setelah dia tumbuh besar dan mulai menghasilkan biji aku mulai menyemai lagi dengan bijinya. Sangking gampangnya hidup, di sekitar tumbuhan induk udah muncul banyak anakan-anakan kemangi yang tersemai secara alami dari bijinya yang rontok. Jika mau tanaman kemangi hidup lebih lama dan menghasilkan banyak daun, rajinlah memetik daunnya yang muda dan jangan biarkan dia menghasilkan terlalu banyak bunga.

Dari hasil googling, ternyata selain sebagai teman makan sambel kemangi mempunyai bermacam manfaat, diantaranya:


1. kandungan senyawa arginine mampu memperkuat dan memperpanjang masa hidup sperma dan dapat mencegah kemandulan.

2. mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen.

3. kandungan zat flavonoid seperti orientin dan vicenin mampu melindungi struktur sel tubuh. Sedangkan flavonoid seperti cineole, myrcene dan eugenol mempunyai manfaat sebagai antibiotik alami dan anti peradangan.

4. getah kemangi dapat digunakan sebagai obat sariawan dan sakit telinga.

5. konsumsi daun kemangi dapat memperbanyak ASI, penenang, mengobati encok, dan penurun panas saat kita terserang demam.

6. daun kemangi juga dapat meningkatkan jumlah air seni, menghilangkan masuk angin dan obat batu berdahak (sebagai peluruh dahak).

7. Mengkonsumsi daun tanaman ini juga dapat mengatasi masalah bau mulut dan bau badan.

8. Senyawa sineol berkhasiat sebagai penenang, membantu mengatasi ejakulasi dini, merangsang aktifitas syaraf pusat, dan melebarkan pembuluh darah kapiler.

jadi, ayo menanam kemangi di halaman rumah kita :)


1 comments:

titiw said...

Gila, gila, kamu keren banget! Udah nanem, numbuh subur, plus kasih info yang super2 bermanfaat buat kita! Cool to the max! *hugs*

Post a Comment