Theme Preview Rss

Batik Papua

suasana Toko Aneka Batik di Abepura

Kemaren dansapar sempet  komen di salah satu postinganku, request repostase tentang Batik Papua. Sepertinya aku gak pandai dalam membuat reportase atau apalah itum jd aku hanya bikin postingan ini buat memenuhi requestnya, kebetulan ada teman yang minta tolong untuk difotoin beberapa kain Batik Papua untuk dipesan.

Ternyata tidak hanya Pulau Jawa yang punya kain batik, Papua juga punya kain batik sendiri yang tak kalah cantik dan unik. Memang sih, produksinya masih dari Jawa, tapi Batik Papua punya ciri khas yang berbeda dari batik lainnya. Ciri khas Batik Papua adalah pilihan warnanya yang cenderung genjreng warna-warni dengan motif burung cenderawasih, tifa (alat musik semacam gendang dari Papua), dan motif ukiran asmat.


Salah satu Toko Batik yang terkenal di Papua adalah Aneka Batik, tidak hanya di Jayapura, toko ini punya banyak cabang di kota yang ada di Pulau Papua. Produk yang ditawarkan oleh Toko Aneka Batik ini berbagai macam, mulai dari kain batik, kemeja, sampai aksesoris dari kain batik seperti tas dan dompet. Bahan batiknya juga macam-macam, mulai dari katun, tissue, sampai sutra. Tentunya dengan pilihan bahan yang berbeda, berbeda pula harga yang ditawarkan. Untuk kain Batik Papua dari bahan katun, ditawarkan mulai dari 35rb/m untuk batik cap, kisaran 50 - 160rb/m untuk batik tulis dan ratusan ribu hingga jutaan untuk kain batik dengan bahan sutra. Seperti namanya, Pakaian batik yang disediakan di toko inipun beraneka macam, kemeja cowok lengan pendek dan panjang, berbagai model baju batik untuk cewek, dan juga beberapa model pakaian untuk anak-anak. Untuk harga kemeja batik tulis dengan bahan katun dibanderol sekitar 180rb, dan 190rb untuk kemeja lengan panjang.

Jadi, kalau ada yang sempat main ke Jayapura, atau hendak memberi oleh-oleh khas Papua, aneka Batik Papua ini bisa dijadiin pilihan.
penjaga toko tdk mengizinkan memotret koleksi bajunya, jadi ya kemejaku aja yg difoto :p

salah satu motif batik cetak, dibanderol 35rb/m



8 comments:

dan sapar said...

ahhhhhhhhhhhhhhhhh
*mupeng*
kmrin ada yg posting batik lampung, skrg batik papua, mkn bikin mupeng deh
Suka dengan motif2nya yg unikkkk
ada yg jual online gak ya
*hihihihi*

gerandis said...

@dan sapar : ehm, gak tau ada apa gak yg jualan online, kan aku kalo beli tinggal mampir, coba aja googling :P

Rad Sujanto said...

batik kalimantan juga lebih ke gambar2 atau motif tameng2 gitu.

sbaikny dikirimkan tenaga pembatik dari jawa untuk mengajar tenaga lokal papua sekalian alat2 dan perlengkapan mbatik jadi harga batikny bisa lebih turun ya.

Gogo Caroselle said...

baguuus ya batik2nya...
kaya kalo ada deigner mau bikin baju bole consider pake corak2 batik papua, beda aja gitu sama typical batik yang ada di kota besar soalnya..

gerandis said...

@rad : katanya udah pernah nyoba ngaltih pekerja lokal buat bikin batik, tp mereka kurang telaten

@gogo : iya go, batiknya gonjreng :p

Rad Sujanto said...

o gt ahahah namany juga mbatik emg harus telaten

soalny ak kbetulan dulu TAnya tentang sejarah perjalanan batik

riana said...

wow...batiknya keren, motif unik, warna cerah, sukaaaa:)

Anonymous said...

Kak, kaloa tau websitenyaaa aneka batik yang resmi apa yaa, lagi pengen beli, makasih

Post a Comment