Theme Preview Rss

nongko

Pulang dari pasar tadi pagi selain membawa bungkusan isi ikan, ada bungkusan lagi yang berisi buah nangka. Ini pertama kalinya aku beli nangka di Jayapura, setelah sekian tahun tinggal di sini :D. Saat mengupas nangka tiba-tiba kepikiran tentang betapa spesifiknya bahasa jawa dalam menyebut bagian-bagian dari buah nangka. Gambar di atas, dalam bahasa jawa disebut "rong nyamplung nongko", yang artinya "dua (bulir) buah nangka". Jadi satuan buah nangka yg terdiri dari daging buah dan bijinya dalam bahasa jawa disebut "nyamplung'. Sedangkan untuk bagian buah nangka yang berbentuk helaian berwarna putih yang memisahkan "nyamplung" satu dengan lainnya disebut "dami". Biji buah nangka, dalam bahasa jawa juga memiliki nama tersendiri, disebut dengan "beton".
Itu baru isi buah nangka, nangka sendiri sebelum matang dan siap dikonsumsi sebagai buah, nangka memiliki berbagai nama. Bunga nangka jantan disebut "babal", biasanya dikonsumsi sebagai campuran rujak bebeg (rujak tumbuk). Setelah sedikit besar, seukuran kepalan tangan, sebutannya berubah menjadi "gori". Saat makin besar dan siap dimasak untuk sayur, disebut "tewel". Baru kemudian setelah matang dan siap dikonsumsi sebagai buah, baru bisa disebut sebagai "nangka". Hanya buah nangka, tapi bahasa jawa punya berbagai sebutan untuknya.

P.S. ini link untuk daftar nama-nama daun dan bunga dalam bahasa jawa

4 comments:

A. Sena said...

sebagai orang jawa yg gak bisa ngomong jawa dan gak ngerti istilah2 jawa, buat gue postingan ini informatif hehehe...

padahal pas baca judulnya aja udah mikir banget ini nongko apa maksudnya, eh pas udah baca isinya baru ngeh :))

Farrel Fortunatus said...

mau koreksi dikit ya bro, babal itu bukan bakal buah melainkan bongkol bunga jantan (yang tidak akan pernah menjadi buah karena, akan menghitam kaya beludru dan gugur).
Aku dulu pernah punya pohon nangka jadi bisa membedakan mana yang bakal buah yang akan membesar karena tangkainya lebih besar, dan babal/bongkol bunga jantan yang tangkainya lebih kecil (langsing).
Btw, bongkol bunga jantan alias babal dalam B. Sunda=tongtolang, lucu ya namanya? he he he...

gerandis said...

@sena : hehehe, kamu jawa ya ternyata..

@farrel : eh, iya ya, babal itu bunga ya, makasih ya koreksinya

dweedy said...

1 buah saja namanya banyak ya o.O Hebat!!!

Post a Comment