Theme Preview Rss

wamena

Bukannya sibuk banged sampe guw ga sempet ngupdate blog n blogwalking, tapi emang koneksi internet di jayawijaya masih terbatas. nyoba connect pake modem flaz tapi jaringan telkomselnya masih gprs, susah juga. di kantor pemda ada wifi, cuman gak enak klo guw malah ngenet sementara anggota tim yang laen pada sibuk mriksa dokumen.

Ternyata Jayawijaya gak kayak yg guw bayangin selama ini, guw pikir daerahnya bener-bener di puncak gunung, suhu ekstrim n suasananya kayak di daerah batu malang gitu. ternyata wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, berupa lembah, jadi dikelilingi pegunungan. cuacanya gak ekstrim banget, suhu siang hari sekitar 25' C, klo ada angin dari gunung, biasanya malem, baru suhunya bisa turun ampe mendekati 0'C, tapi jarang, paling suhu rata-ratanya sekitar 18' C. kondisi kotanya kayak kebanyakan kota kabupaten di Papua. kalo di jawa mungkin malah lebih mirip kecamatan gitu. jalan-jalannya masih sempit, fasilitas umum terbatas. ehm, daripada panjang nulisnya, guw bikin list aja deh cerita tentang jayawijaya.

Jayawijaya Fact
  • perjalanan dari jayapura menuju wamena dapat ditempuh dengan pesawat kecil or sedang sekitar 45 menit.
  • penduduk di kota udah gak pake koteka, paling cuman beberapa orang tua yg kadang keliatan mangkal di bandara or depan hotel.
  • di wamena angkutan umumnya berupa mobil angkot (kyak suzuki carry), ojek n becak.
  • banyak mobil-mobil 4wd, karena kebanyakan daerah di luar kota wamena kondisi jalan masih jelek.
  • harga makanan mahal banget, bisa 2x lipat harga di jayapura. nasi ayam di warung sekitar 30rb, Aqua botol 1,5l 20rb.
  • harga bensin pas langka bisa mencapai 35rb, tapi dengan kupon subsidi dari pemerintah bisa dibeli dg harga normal.
  • sebagian besar penduduk bekerja sebagai petani sayur.
  • udang selingkuh merupakan salah satu makanan khas wamena. sejenis lobster air tawar yg banyak ditangkap di sungai baliyem.
  • banyak turis dari jerman dan jepang.
  • banyak pendatang dari jawa, makasar n toraja yang umumnya bekerja di bidang jasa (warung makan, supir, pedagang).
  • Jayawijaya merupakan salah satu kabupaten yang paling maju di daerah pegunungan Papua.
  • terdapat cottage "Baliem Valley" yang dimiliki dan dikelola oleh warga jerman.
  • distrik kurulu terkenal karena sebagian penduduknya yang masih memakai pakaian tradisional dan adanya mumi.

ehm, cukup ini dulu deh, tar dilanjut lagi di postingan berikutnya. ciao...


*kalo ga jelas, diklik aja gambarnya biar kliatan gede


9 comments:

kacrut said...

kendaraan cuma angkot (suzuki carry) errr.. di manokwari juga angkotnya begini tauuuuu.. gak ada angkot yg kayak di jayapura.. di sorong juga beginiiii.. cuma byk warnanyaaa...

errr.. kau menghinaaaa taxi kita duluuu.. errr..

BaS said...

koteka? aku punya! aku punya! *pamer ga jelas! hohoho
sigh....posting soal perjalanan bikin aku mupeng jalan-jalan......mauuu!

Notxa said...

Cinta mati ma Papua.......

Perez said...

@kacrut: bukan maksud menghina crut, tapi ngasih tau klo bentuk taksinya kyak gitu!

@BaS: ya klo jalan-jalan doang ce aq juga pengen mas, tapi beban kerjaan ini memusingkanku

@notxa: buktikan kecintaanmu dhek...ayo budayakan makan pinang!!!

TransJakarta said...

ya ampun
kok gak gak ke puncak jaya

PNS said...

huhuhuhu..gw belum sempet ke pegunungan..ke Papua,tp di jayapura doang.Makan di KFC,beli baju di Quick Silver,nongkrong di Excelso.Percuma gw ke Jayapura.Menyesal.Hikssss...

Lord Akkarin said...

Iyh, si eneng bukannya kerja malah ngeblog, ckckck!!! Neng, oleh-oleh yak:
List:
1. Udang selingkuh
2. Aneka macam sayur mayur
3. Madu wamena dunk, (yg laen gpp deh lo gak bawa tapi madu wamena bawain yak!!!)
oiya, foto-foto orang asli dunk!!! Yang masih original!!!

Perez said...

@transjakarta: ya ampun bang tinggi amir, di sini aja guw udah kedinginan tiap malam.

@roid: lah...lu kan dah pernah tersesat di hutan keerom, dah pernah ktemu ma korban perkosaan di rsud abepura! guw mana pernah kyak gitu! hahahaha

@noxxy: banyak banged pesenan lu neng! gak sekalian minta dibawain mumi aja!!!

alaya said...

beruntung banget bisa sampe jayawijaya

Post a Comment