Theme Preview Rss

Pepak Boso Wamena ;)

gak usah penasaran gambar apa yang ada disamping. bukan hasil ujian guw jaman skolah dulu, bukan juga dokumen audit. ini gambar kamus singkat bahasa daerah wamena. hihihi, guw nemuin tulisan ini di meja salah satu pegawai dispora wamena. karena penasaran akhirnya iseng guw jepret pake hp.

berikut isi dari transkrip kamus tersebut
  • nayak : salam kepada satu laki-laki
  • lauk : salam kepada satu perempuan
  • nayaklak : salam kepada laki-laki yang banyak
  • lauknyak : salam kepada perempuan lebih dari satu
  • hipiri abu : sudah lapar
  • i abu : sudah haus
  • an hipiri abu : saya sudah lapar
  • an i abu : saya sudah haus
  • an uma lagi : saya pulang ke rumah
  • an kantor lagi : saya ke kantor
  • eka werek-a : ada uang kah
  • eka dek-o : tidak ada uang
  • an jayapura lagi : saya ke jayapura
  • kepala dinas adakah : kepala dinas werek-a
  • kepala dinas dek : kepala dinas tidak ada
  • ibu mari dulu : he ji eme ta
  • bapa mari dulu : nopas eme ta
  • ikutkah : ninom luok-a
  • emeta : mari sudah
  • mandi dulu : kume wasik
  • sudah mandikah : kume arat waken a
  • pakai bedak dulukah : bedak talak wasinta
  • panas sekali ini : mo aik weak
  • dingin sekali ini : sogi weak motok
  • ini sepatu saya : sepatu ji an meke
  • ini topi saya : topi ji an meke
  • anak saya laki-laki : an nabut
  • anak saya perempuan : an neak
  • ada ikankah : ikan werek-a
  • tidak ada ikan : ikan dek-o
  • mari ikut sudah : ninom luok nen eme
  • kapan gajian : eka meranem waganug

guw gak tau sih gimana cara bacanya, blon mraktekin juga, so...just enjoy it, dont try it! hahahaha

Yogotak Hubuluk*
Motok Hanorogo

hari esok harus lebih baik dari sekarang
*moto kabupaten jayawijaya

5 comments:

BaS said...

kalo 'I love you' dalam bahasa wamena??

hmmmm....

Perez said...

BaS: waduh...di situ gak ada tulisan kayak gitu...gak ngerti aku.....

Gogo Caroselle said...

hihi susah juga yah bahasa wamena, kalo aksennya salah, artinya jd lain pula hihi

Perez said...

@gogo: ehm..sebenarnya gak juga sih, aksennya sama kyak logat papua pada umumnya koq, paling klo salah cuman diktawain ma mreka

notxa said...

kocak bgt... caranya kn emg kudu bkin kamus. biar gk lupa.aku kq seneng gambar di dinding yo? kyk pesan nenek moyang di gua gua.

Post a Comment