Theme Preview Rss

my food combining


Ini menuku untuk bruch kali ini, dada ayam kukus dengan kentang dan sayuran kukus. Untuk dada ayamnya aku iris kotak-kotak dan aku bumbui dengan bawang putih, jahe, merica dan garam, sementara sayuran aku kukus tak terlalu matang.

Sekitar dua minggu terakhir ini aku coba ngikutin foodcombining, bukan yang staight banget sih, cuman ngebanyakin konsumsi buah dan sayuran dan ngurangin konsumsi susu dan nasi putih. Jadi selama beberapa hari terakhir ini makanan harianku terdiri dari:
- air hangat dengan perasan lemon saat bangun tidur
- buah segar untuk sarapan (didominasi oleh pepaya dengan perasan lemon - karna ini yg paling murah -__-)
- buah segar untuk cemilan sebelum makan siang (biasanya pisang)
- nasi coklat dengan lauk sayuran + tahu/tempe/telur (sebisa mungkin cuman direbus, atau ditumis, danmenghindari gorengan)
- buah untuk cemilan sebelum makan malam
- nasi coklat dengan lauk sayuran + tahu/tempe/telur/daging
- banyak-banyak air putih, tapi tidak saat makan

Niatnya sih buat hidup sehat, dan naikin berat badan, tapi dengan nge-skip nasi putih, dan mulai ikut nge-gym semingguan terakhir ini, bukannya naik, tapi berat badan malah turun -___-

Sepertinya salah dalam ngatur pola makan sih, karena sarapanku hanya buah. Padahal setelah aku baca buku the miracle of enzyme, Hiromi Shinya masih mengkonsumsi sarapan nasi coklat yang dicampur biji-bijian dan sayuran kukus, 30-40 menit setelah makan buah.Mungkin juga karena aktivitas latihan di gym membutuhkan banyak kalori dan protein dalam jumlah banyak, sementara sejak foodcombining aku malah mengurangi konsumsi protein dan mayoritas mengkonsumsi buah dan sayuran. Dan, kunci untuk menambah berat badan selain mengatur pola makan, juga mengatur waktu istirahat, yaitu tidur sekitar 7-8 jam setiap malam, nah ini juga aku masih kurang. Well, baru minggu-minggu awal sih, akan nyoba buat mengatur ulang pola makan, ngebalance antara foodcombining dan kebutuhan kalori dan protein untuk bulking, mudah-mudahan bisa berhasil.

p.s. the friend of mine, le little, juga lagi program makanan sehat, coba cek aja ke blognya

 

6 comments:

dweedy ananta said...

Kok ngurangi minum susu? :O eh ia nasi cokelat yang gimana ya? ._.

gerandis said...

@dweedy : karena, dari hasil penelitian yg kekinian ternyata susu gak bagus buat kesehatan manusia :). coba cek ini http://erykar.posterous.com/kibulansusu-terselamatkan

riestabacil said...

haiiiiiiih,,,kalo aku kapan ya bisa ngelakuin food combining...
dijadiin resolusi taun depan kali ya...hehehhe

modern classic furniture said...

nice info and post...:)

titiw said...

Oh.. Food combining inii.. Tapi dari menu kamu kok kayak nurunin berat badan yaa? ahahaha.. Tenang aja kak.. Seiring umur, makin tua pasti makin gemuk.. x)

gerandis said...

@riesta : segera atuh buk dimulai, ajak dafa juga :P

@titiw ; iya sih, makanya beratku bukannya naek malah turun cobak

Post a Comment