Theme Preview Rss

Pagelaran Angklung? Keren!!!

Berawal kamis kemaren ketika Niko ngtweet buat nawarin undangan acara pagelaran angklung di Balai Kartini jakarta, Guw yg blon punya rencana di sabtu malem, menawarkan diri buat ikutan. Karena masih ada beberapa undangan lg, Niko akhirnya ngajak Roid, Banu dan Vio juga buat ikutan nonton.

Acaranya sih dijadwalin mulai jam 8 malem, tapi sebelom acara udah disediain makan malam buat para tamu yg datang (ternyata ga perlu pake undangan) sambil menikmati lagu-lagu nusantara yg dibawain sama choir anak-anak seumuran smp. Sayang rombongan guw nyampe lokasi udah jam 19.50, jadi ga sempet nyobain semua makanan, guw sempet sih makan sopnya beberapa sendok. setelah ketemu sama Niko dan Panji, kami langsung menuju tempat pertunjukan di lantai 3 Balai Kartini.

Ternyata acaranya gak cuman pagelaran angklung, tapi ada acara penghargaan kreasi angklung gitu. Jadi acara ini namanya Awi-Awi 2010, yang adalah acaranya Bank Mandiri yg kerja sama bareng Saung mang Udjo buat melestarikan kerajinan bambu khususnya angklung dan membentuk jiwa wirausaha bagi golongan muda. Jadi sebelumnya udah ada ajang kompetisi bagi mahasiswa buat bikin kreasi bambu dg tema utama angklung, dan malam ini adalah malam pengumuman pemenangnya. So karena ada acara pemberian penghargaan dan sambutan yg seabreg-abreg dari 2 mentri, dirut Bank Mandiri, satu anggota DPR, dan perwakilan dari Saung Mang Udjo, acara paggelaran angklungnya sendiri baru dimulai jam 21.30an.

Pagelaran angklung dibuka dg permainan angklung yg dibawain rame-rame sama anak-anak dari Saung Udjo, soundnya sih ga gitu kedengeran, anak-anaknya pada treak-treak tp gada mic, jadi suaranya mendem, tapi jadi menarik dan menggemaskan karena ada sebagian anak yg nari kuda-kudaan. Perform kedua dibawain sama kelompok yg lebih senior, bawain beberapa lagu yg guw gak tau judulnya apaan, tapi salah satunya sih kalo gak salah Mamamia dari Queen. Keren, ga nyangka aja lagu-lagu pop-rock gitu bisa juga dibawain pake angklung.



Nah yang paling keren nih, sebelum mulai perform selanjutnya, di samping kanan-kiri panggung udah kliatan deretan anak-anak yg bawa tumpukan angklung. Dan perkiraan guw bener, tumpukan angklung itu dibagiin ke semua penonton! wui excited bener guw!. Di angklung yang dibagiin ke penonton ada tempelan nama-nama pulau indonesia, mulai dari sumatera sampai papua, dan juga gambar isyarat tangan. Emang jodoh bener kali ya, udah ditebak, guw dapet aja gitu angklung dg tempelan Papua :D . Setelah semua penonton dapet angklung, konduktor yg ada di panggung ambil peta besar dg gambar wilayah Indonesia.

Setelah diajarin cara mainin angklung selama 5 menit saja, dengan instruksi dari konduktor, tiap orang mesti mainin angklungnya saat konduktor nunjuk pulau yg ada di peta Indonesia itu. Ternyata pulau-pulau tadi nunjukin tangga nada, sumatra = do; jawa = re; kalimantan = mi; bali = fa; sulawesi = sol; NTB = la; dan Papua = si. Konduktor mulai nunjuk-nunjuk pulau yg ada di peta, kami mengikutinya dg bunyiin angklung, daaaaan tanpa sadar kami semua udah diajak mainin satu lagu :D, wow seru!!! Setelahnya kami masih diajak mainin angklung lagi, dg dipandu oleh dua cucu dari mang Udjo yg masih SD dengan menggunakan isyarat tangan sesuai yg ada di angklung kami, lagu Rayuan pulau kelapa pun berhasil kami mainkan :D , seru-seru-seru! dan angklung yang dibagikan tadi bisa kami bawa pulang sebagai suvenir :o


Pagelaran angklung malam itu ditutup dengan pertunjukan kolaborasi angklung dg beberapa instrumen musik yg gak kalah unik yg dibawain Dwiki darmawan dan rekan-rekannya! musiknya berasa etnik dan mistis bgd, macam musik yg biasanya dimainin sama grup Krakatau. Overall guw puas sama pertunjukan semalem, thanx banged buat Niko yg suka rela mau ngajakin kami buat datang!!!

Dwiki Dharmawan in action

Horse, Salah satu Kreasi Angklung yg dapat penghargaan


Angklung Baby Cradle, pemenang lainnya

Panji, Banu, Roid, Vio, guw dan Niko



P.S. Sorry kualitas fotonya jelek, kamera guw masih rusak, jd cuman bisa foto pake hp


4 comments:

riesta said...

ini acara yg kamu tweet semalem itu ya???
kereeeeeeeeeen....

Perez said...

iya, walopun rada bete karena acara sambutannya kelamaan tapi worth it!

Anonymous said...

Bohemian Rhapsody-Queen..

Dan keraann,, Dwiki Dharmawan bikin merinding..
-__-



Vio

riana said...

Saung Angklung Mang Udjo ini memang bagussss, kerennnn, aku juga suka banget...

Post a Comment