Theme Preview Rss

How to build "the park"


Kebetulan weekend kemaren guw nyatuin beberapa tanaman guw dalam satu pot, karena sempet ada yang nanya gimana caranya, jadi di postingan ini akan guw kasih lihat prosesnya step by step! mari melangkah...

Yang perlu disiapkan: beberapa jenis tanaman, media tanam, pot dan batu buat pelengkap. Tanaman yang guw pakai jenis kaktus dan sukulen, sementara media tanamnya yg biasa dijual di kios bunga, tapi yang ada campuran pasir malangnya. Untuk pot yang dipakai, pilih pot yg permukaannya luas dan tidak terlalu dalam, biasanya pot yg kyak gini dipakai buat tanaman bonsai.


Tutup lubang pembuangan air pada pot, pastikan masih ada sisa ruang agar sisa air tetap bisa keluar dengan lancar. Tujuan sedikit menutup lubang pembuangan ini agar media tanam tidak ikut mengalir keluar bareng sisa air siraman.


Setelah lubang ditutup, masukkan media tanam sampai 1/3 bagian pot.


Setelah dikeluarkan dari masing-masing potnya, mulai tata tanaman dalam pot besar yang telah diisi sebagian media. Susun mulai dari tanaman yang paling besar dan menjadi center point kemudian tanaman yg lebih kecil. Setelah ditaroh di tempat yg diinginkan, tutup sebagian akar tanaman dengan media tanam.


Karena batu juga guw jadiin center point, maka batu yg agak gede ini mulai disusun.


terus susun tanaman-tanaman yang ukurannya besar. Untuk jenis tanaman kaktus, agar duri tidak melukai tangan, kamu bisa pake koran atau kain untuk memegangnya.


setelah tanaman-tanaman yg berukuran besar telah ditanam, mulailah menanam tanaman dengan ukuran lebih kecil. Taroh tanaman di tempat yg paling cocok dan mulai tutup akar dan sebagian batangnya dengan media tanam.



setelah semua selesai ditanam, masukkan media tanam sampai pot penuh. Untuk membersihkan tanah yg menempel di tanaman kamu bisa make kuas yg sedikit kaku macam kuas untuk cat minyak.


okeh, pembuatan taman mini udah sampai separoh jalan, hasilnya kalo dari atas kelihatan seperti ini


Untuk lanjut ke tahap berikutnya, yaitu menghias taman mini ini, yang perlu disiapin adalah pasir dan kerikil. Guw make pasir pantai yang udah guw rendam dan bilas berulang-ulang buat ngilangin kadar garamnya. Tanaman gak suka garam, jadi pasir yg mau digunakan harus bener-bener udah gak mengandung garam. Cara simpel buat tau masih banyak kandungan garamnya apa gak sih dengan dirasain :p , tapi bisa juga dirasain pake tangan, kalo air rendamannya masih berasa lengket, berarti masih banyak kandungan garamnya.


Sebelum mulai ditaburin pasir, ratakan tanah dengan cara ditekan-tekan. Pakai tangan bisa, atau bisa juga pakai gilingan kue, tapi lebay :D


Pasang pager-pageran dan batu-batu kecil di bagian pinggir buat batas. (cara bikin pagernya nyusul ya :D)


Untuk membuat batasan area penaburan pasir dengan ukuran yg beda, taroh kertas dengan bentuk sesuai mau kamu sebagai sekat agar pasir yang ditabur bisa rapi.


Mulai tabur pasir dengan ukuran yang paling kecil.


Lanjutkan dengan menutup semua bagian yang masih kelihatan tanahnya dengan kerikil atau pasir dengan butiran yg lebih gede.


Setelah semua bagian rata tertutup pasir dan kerikil, angkat sekat kertas tadi, dan hasilnya akan kayak gini


udah deh, para G-string udah punya taman baru lagi deh buat maen.

Kalo berasa kurang meriah kamu bisa taroh hiasan2 laen kayak kursi taman, lampu taman, atau bahkan gazebo. Selamat mencoba!!!!



13 comments:

Vio said...

huwoooooooooooooo. Grandis kau kreatif sekaliiii.

riesta said...

ya ampuuuun,,,
kreatif banget niy...
kirimin 1 ke rumahku ya....
wkwkwkwkwkwk....

ntar kalo uda tinggal di rumah sendiri aku coba bikin deh...

gogo caroselle said...

km itu emg beneran niat banget yah rez,
salut aku :)

Perez said...

ayo2 smua pada bikin, gampang kan!!!

@gogo: namanya juga hoby go :)

Aldriana A. Amir said...

Yaolooo Perez! *takjub again*
Ihhh.. Kamu ya sungguh keren! Bagus bgt.
Mamaku pasti seneng deh kalo dibuatin kyk beginian sama anaknya, tp aku ga bisa, huhuu..

Lanjutkan ya kesukaanmu ini! Seneng deh liatnya :)

niko said...

gila yah... kreatif bgt ini kakak..

Perez said...

@niko: yeee....datang-datang bilang guw gila! *toyor

titiw said...

Seneeenggg bangeet deh kamu mengimplementasikan apa yg waktu itu aku bilang.. :) *peluk perez sambil iri karena gak bisa bikin beginian* :))

cecilliahidayat said...

waaaahhh mau nih kapan2 diajarin :D :D aku suka kaktus tapi ya ndak ngerti cara merawatnya :p
btw, makasih yaaaa supportnya buat 30 hari menggambar hehehe :D

cecilliahidayat said...

oh iya jangan lupa email alamatmu yaaa mau kirim giveaway :)

Perez said...

@titiw: iya, makasih ya tiw *peluk

@cecil: wow, dikunjungin cecil!!! *lompat-lompat*
eh,gampang2 susah koq ngrawat kaktus! cuman butuh disiram sminggu skali, tp klo kbanyakan bisa busuk dia!

primeedges said...

saya pernah bikin mini garden juga, ada dipostingan lama, hahahaha... nice! ada g-string lagi :D Jadi semangat mau bikin lagi... :)

Perez said...

@prima; iya udah ngliat kmaren di blognya mkanya nyadar kayaknya hobby kita sama :D , bagus lagi mas bikin tamannya :D, ayo mas bikin lagi

Post a Comment