Theme Preview Rss

Berkebun di minggu #22

Weekend minggu ke-22 aku tinggal di kontrakan masih diisi dengan hal yang gak jauh berbeda, berkebun di pagi dan sore hari. Setelah sekitar 18 minggu bunga cengger ayam berjejer menghiasi halaman belakang kontrakan, hari minggu kemaren aku memotong dan mencabutnya karena bunganya sudah mulai menua dan menghasilkan biji. Tempat bekas cengger ayam tadi tumbuh aku gemburkan ulang dan aku tanami dengan bibit bunga pacar air yang sudah berumur 3 dan 4 minggu.

bunga cengger ayam yang penuh biji

semaian bunga pacar air yang sudah dipindah di tempat baru

Dari dua semaian bunga pacar air yang aku tanam dengan selisih waktu satu minggu, ternyata penampakan fisiknya terlihat hampir sama, bibit yg aku semai di tempat yg terkena sinar matahari pagi tumbuh lebih cepat dan subur dibanding dengan bibit yang aku semai di tempat yang teduh.

kiri: semaian pacar air umur 4 minggu; kanan: semaian pacar air umur 3 minggu
atas : semaian bunga torenia; bawah; semaian bunga cengger ayam

atas: semaian seledri; bawah: semaian sawi

Sepertinya lingkungan halaman belakang kontrakan kurang sehat buat tanaman-tanamanku, Sabtu kemaren aku memangkas habis daun-daun senthe hijau karena tumbuh keriting dan terlihat menguning. Daun-daun tanaman di sekitarnya juga nampak kurang sehat dan sebagian menunjukkan gejala yang sama. Bunga kambojaku juga sedang merana, daun dan calon bunganya diserang kutu putih secara ugal-ugalan. Buat mengatasinya aku sudah coba membuang semua daun yang berpenyakit dan menyemprotkan larutan bawang putih rebus yang dicampur dengan soffel.

penampakan taman setelah daun-daun senthe dipangkas habis

calon bunga yang diserang kutu putih


6 comments:

primeedges said...

grandis! selamat.. torenianya udah tumbuh! aku dapat kejutan lagi, kan torenia yangs udah tua aku cabut dr potnya, aku pindah ke tanah, dan gak lama, di pot yang keliatan kosong itu... tumbuh ratusan torenia! Gila! mereka berkecambah karena matahari! *selama ini kan kena naungan torenia yang besar.. ckckckckck... :)

gerandis said...

iya, makasih, semaian torenia makin hari makin cepet tumbuhnya...dan ada yg tiba-tiba muncul di pot semaian tanaman laen :D

riana said...

selalu speechless tiap liat kebun gerandis *iri setengah mati*

btw aku ada award buat blog mu, pls cek di blog ku ya, thx...

gerandis said...

@riana : ah, mbaknya lebai, mbak bisa jugalah bikin-bikin taman gitu, asal mau nyempetin nanam bunga aja, ok2 mbak tar aku ambil awardnya, makasih ya mbak

Aldriana A. Amir said...

seneng liat tanemannya, Ndis..
kyknya kalo nanem tanaman itu emg asik dr bibit ya, ato beli dr yg msh keciiiil bgt.. jd bener2 menikmati proses pertumbuhan tanemannya ya :)

titiw said...

YAh.. moga2 semua tanaman kamu baik2 aja ya dear. ANyway kamu dapet ide darimana sih kalo tanaman sakit gitu dikasih larutan bawang putih sama soffel..? Belajar sendiri atau dapet tips n trick dr mana..? :)

Post a Comment