Theme Preview Rss

Ikanku dan keriting

Perkenalkan peliharaan baruku, dua ekor ikan komet yang udah semingguan kecipak-kecipuk dalam kuali semen di halaman belakang kontrakan. Satu aku kasih nama Lipstik, karena emang di bibirnya ada polesan garis merah, dan karena yang satu lipstik maka satunya jadi kepaksa dinamain Powder :D



Dan ini foto tanamanku di minggu ke 6, gak begitu keliatan beda sih dari minggu sebelumnya, tapi kalo diperhatiin lebih dekat bakalan keliatan kalo beberapa daunnya jadi keriting dan kekuningan.




Karena gak ngerti kenapa, akhirnya aku konsultasi ke pakar tanaman ini. Pagi-pagi aku udah ngerecokin dengan ngirim email ke Prima yang isinya foto-foto tanaman yang jadi keriting dan ngasih tau gejalanya buat minta saran cara ngobatinnya. Dan betapa baek hatinya Prima, pagi-pagi dia udah mau langsung bales emailku dengan solusi pengobatan. Katanya sih tanamanku diserang sejenis laba-laba microskopik (mites), karena tanda-tandanya daun keriting dan ada spot-spot kuning, trus ada semacam serbuk orange kemerahan yg ternyata telur-telurnya mites. Sama Prima disaranin buat disemprot pake pestisida buatan sendiri, campuran 1 sdt sabun cuci piring (yg tanpa antibakteria), 1 sdm minyak goreng dan satu liter aer. Sore tadi udah aku semprotin semua tanaman yg penyakitan dan tanaman-tanaman di sekitarnya buat pencegahan, semoga usaha pengobatan ini berhasil. Thanx ya Prim...




3 comments:

Fariz.Rokhanudin said...

ndil tu jga terjadi ditanamanq ndil phon kamboja,ad spot orange trs serangganya warna putih ngk bsa sbur lgi sbgai mna mestinya,ktanya seh terp'ngaruh sma tnamn jeruk cos disampingnya tumbuh phon jeruk...........................

Perez said...

@fariz : klo itu kan kutu putih apids ya? kayaknya resep pestisida yg aku pake ini bisa juga koq buat ngusir apids, coba deh! tadi baca-baca ada juga yg pake rendaman kulit jeruk atau pake satu sachet autan/soffel dicampur 1 lt aer :D

Okit Jr said...

---jaga keturunan tuhan gw ya, rez..
--gw gak tahu musti komen apa..
--turut sedih..
+drama+

Post a Comment