Theme Preview Rss

2 x (panjang + lebar ) danau sentani


Pemandangannya keren, dermaga pulau asai oke, tiduran di boat dengan semilir angin juga ternyata menyenangkan. Sayang guw gak punya kamera, gak bawa bekal makanan minuman n guw gak sempet renang di danau.


Sebenarnya guw udah bikin rencana kegiatan buat hari sabtu ini mulai dari pagi ampe sore. Tapi tiba-tiba tadi pagi guw dapet tawaran dari senior guw, mbak rina, mbak pipit n friends, buat maen-maen ke danau sentani. Gak gitu excited ce sebenere, paling juga cuman muter-muter danau naek boat. Tapi Karena gak enak udah ditawarin akhirnya ikut juga. Ternyata pas udah pada kumpul yang ikut cuman 8 orang termasuk guw, makin gak excited guw ngliat yg ikut gak sebanyak yg guw harapin.

Jam 11an kami berangkat dari abepura, nyampe di dermaga kampung yahim jam 12an kurang. Perjalanan muterin danau sentani dimulai dari dermaga ini, kata supir angkot yg kami sewa tempat ini biasa disebut dengan pantai yahim. Setelah sempet salah nanya ke bapak-bapak pemilik perahu akhirnya kami dikasih tunjuk boat dan tukang perahu yg bisa kita sewa. Mereka nyebut tukang perahu dengan istilah motoris, baru tau guw, hihihi. sewa boat buat muterin danau sentani plus mampir ke pulau asai 500rb sekali jalan. Boat-nya sih bisa dinaikin sekitar 10 org plus awak kapal. Boatnya lumayan gede n ada penutupnya gitu, jadinya gak kepanasan.





Pemandangan di sepanjang perjalanan lumayan bagus sih, danu sentani dikelilingin bukit-bukit hijau bak bukit teletubies. Sempet juga beberapa kali ngliat pesawat yg mau landing di bandara. Sayang guw gak ada kamera digital jadi perjalanan yg monoton di atas boat jadi ngebosenin. Biarpun danau, tapi suasana pas naek boat udah mirip kaya naek boat di laut, ada ombaknya juga, tapi airnya tetep bewarna kehijauan gak biru. Katanya malah dulu ada spesies langka yang hidup di danau sentani ini, ada sejenis ikan yg rahangnya panjang dan bergerigi mirip gergaji gitu, orang bilang namanya hiu gergaji, orang lokal nyebutnya ikan gergaji. Tapi pas nanya awak perahu mereka gak tau, udah punah katanya. Sayang banget yak, padahal spesies ikan ini cuman ada di beberpa tempat di dunia, salah satunya di danau sentani ini.


Setelah nempuh perjalanan sekitar 30 menit akhirnya kami sampai di pulau asai. Pulau ini dikenal sebagai pulau tempat tinggal para pengrajin hiasan kulit kayu. Di sekitar dermaga pulau asai kami bisa ngeliat gerombolan ikan kecil berwarna merah yg sedang berenang diantara tumbuhan air. Sayang banget guw gak ada temen nekat, kalo ada guw pasti dah nyebur n berenang-renang bareng ikan-ikan itu :(. Padahal guw udah bawa pakaian ganti n kaca mata renang segala, sayang kurang niat, nyesel juga sih sekarang.
Begitu kami datang para penduduk segera menggelar dagangan kulit kayu mereka di tanah. Motif gambar kulit kayu yang ada di pulau ini sedikit berbeda dengan yg biasa guw liat dijual di pasar kerajinan Hamadi. Motif khasnya gambar ikan gergaji dan nelayan yg sedang mencari ikan di danau sentani. Kalau harga kulit kayunya sih gak jauh beda sama yg dijual di pasar Hamadi, cuman kulit kayunya sedikit lebih tebal. Harga kerajinan kulit kayunya mulai dari sekitar 5 ribu sampai 300an ribu. Fahri beruntung dapet kulit kayu yg lumayan lebar dengan motif ikan gergaji dan nelayan dengan harga 200 ribu. Penjualnya nawarin dengan harga 300 ribu, tp pas rombongan kami udah selesai bertransaksi dan mau bergegas pulang fahri nyoba nawar ulang n ternyata dapat dibawa dengan harga 200 ribu. Sebelom kami pulang datang rombongan turis jepang dengan perahu kayu bermotor, sempet iri juga mereka ngliat perahu kita yg pake atap-bebas-sengatan-matahari, hihihi.

Pas balik dari pulau asai guw sempet ngeliat boat dengan nama aneh bin mesum. Eh pas deket n diperhatiin ternyata pikiran guw aja yg mesum, ternyata tulisannya "onami" hehehe. Sempet juga guw ngambilin tanaman air hydrila yg banyak terlihat di sekitar dermaga, lumayan, gak bisa nangkap ikannya, tumbuhannyapun jadi. Rencana tumbuhan itu mo ditaruh di aquarium guw, tapi blon kepikiran gimana nasibnya ke depan, coz kamar guw rada gelap n aquarium guw ga pake lampu ultraviolet. Well, ternyata jalan-jalan kali ini gak terlalu mengecewakan kayak yg guw pikirin.






10 comments:

Re_Notxa said...

Padahal dulu pingin banget nyemplung disitu...
balik papua kudu kesana lagi dh yah. aiiiyayaya...

Lucianna Perez Malebay said...

@notxa: asyik...dah dapet 1 temen buat nyemplung danau!!! ayo-ayo siapa yg mo brenang juga?

Anonymous said...

hai miss lucy lebay nan perezzzzzzzz.......

BaS said...

Aduh, harusnya nyemplung sudah trus berenang-renang gitu ma ika hiu gergaji......

Papua emang bagus, jadi inget waktu ke manokwari 2 tahun lalu. Alamnya stunning banget!

Lucianna Perez Malebay said...

@anonymous: komennya koq gitu teruz to...bosen ah!!

@BaS: ayo mas, temenin aq berenang bareng hiu gergaji, paling karena nyium lukanya tar yg diserang sampean, hehehe

Arema said...

Hai Miss, aku sih ga pernah ke Papua ya, cuma denger2 emang bagus sekali. Pernah ke Pulau Pepaya ga? Temenku ada yang baru dari sana and share poto2, wuih so byutiful!! Heaven on earth dah, pulaunya pasir putih dan karena tidak berpenghuni, bersih sih sih tanpa ada sampah, lautan biru.... aduuuu jadi pengin pergi Papua. Tapi musti minum doxy 100mg tiap hari ya biar ga kena Malaria. uda pernah malaria?

Lucianna Perez Malebay said...

@arema: blon pernah ce maen ke pulau pepaya, maennya cuman di seputaran jayapura aja. iya papua alamnya masih bagus, blon banyak diexplore malah. alhamdulillah blon pernah kena malaria. n sebenernya gak seserem yg dibayangin orang2 ce, ga perlu addict ma obat2an, asal jaga kesehatan pasti gak akan kena. bagi orang lokal malah kena malaria udah ibarat kena flu, dah biasa.

Gogo Caroselle said...

aih perez,
keren tempatnya rez!
seru gitu yaaaaa pemandangannya, panas2 gituuu!
<3

Okit Jr said...

pereezz....
oleh oleh nya aku mauuuuu....!!!
hiasan dinding itu...
lumayan buat ngejemur ikan asin.. (loh?)

tempo lalu waktu gw ke sentani..
mandang dari pinggir jalanan aja dah okey..
dah menggelinjang sambil minum es degan..
apalagi kalo bisa pegang pegang airnya..
berenang... duh nikmatnya gak kebayang...
--sekalian mau ruwatan-

mauuuuuu....!!!!!
besok kalo gw ke papua lagi..
elu wajib menjamu gw..
musti ngedandani gw bak putri kerajaan asmat pokoke yooo...
wokeeeyy...

Lucianna Perez Malebay said...

@gogo: hihihi...iya panas...tp gapapa, guw gak takut jd taned

@Okit Jr: siap!!! mari saya arak anda keliling gunung, blorong!!!

Post a Comment